Rabu, 29 Agustus 2007

Wenter Cap Bunga Anggrek
















KATEGORISASI
* Jenis Rancangan :
-- Kemasan : Kertas
* Jenis Produk :
-- Pangan : Makanan

PRODUK
* Nama produk : Wenter Cap Bunga Anggrek
* Nama pemilik produk : Susanto Setyo Mulyono
* Nama produsen : Perusahaan Jenang & Krasikan
* Alamat produk :
-- Kota/ kabupaten : Tangkisan-Sukoharjo-Solo

VISUAL
* Dimensi (milimeter) :
-- Lebar : 62
-- Panjang / tinggi : 87

* Warna :
-- Spot : Merah

* Teknik produksi : Cetak Offset

* Material : Kertas

* Visual tang tampak :
1. Bunga Anggrek
2. Pita

* Tipe huruf :
1. Arial
2. Times New Roman

KONTEKS
* Budaya yang mempengaruhi :
1. Indonesia terlihat dari Pita dan warnanya yang mirip bendera merah putih

COMMENT
Pada label Persh. Jenang & krasikan cap bunga anggrek ini terdapat dua gambar bunga anggrek yang dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa Persh. Jenang & krasikan cap bunga anggrek ini adalah makanan khas daerah ( terbuat dari beras ketan ) yang memiliki cita rasa harum dan manis serta lezat dan gurih ( terbuat dari beras ketan ). Nama pemiliknya tercantum pada label tersebut yaitu Susanto Setyo Mulyono yang memproduksikan makanan khas ini di daerah tangkisan-sukoharjo-solo.

Pola yang digunakan bentuk garis rangkap dua pada tepinya untuk mendukung gambar bunga anggreknya dan agar terlihat lebih indah dan terkesan rapih. Bentuk pitanya terpengaruh dari budaya romawi.

Penggunaan icon anggrek sesuai dengan tagline produk tersebut yaitu “harum, lezat, manis, gurih”. Bunga anggrek Bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. (menurut wikipedia).Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol maskulinitas , sementara bangsa Tiongkok pada jaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok. Pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Akhirnya, pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi anggrek mulai menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, terutama karena keindahan dan sisi eksotik dari tanaman ini. Karena kepercayaan itulah mungkin sang pemilik menggunakan icon anggrek sebagai ilustrasi dari produk yang dijualnya. Penggunaan warna merah juga merupakan lambing dari goodluck, happiness, joy, vitality, longlife (menurut fengshui cina).

Jenis huruf yang digunakan serif dan sans serif yaitu font arial dan times new roman.
Warna yang digunakan adalah warna merah dan putih. Karena untuk produk makanan, makna warna merah tersebut adalah untuk menambah selera makan dan warna putih untuk menunjukan bahwa produk makanan tersebut bersih dan murni ( halal 100% ) seperti yang tercantum pada labelnya.

Tidak ada komentar: