Rabu, 29 Agustus 2007

Cigaret Papier Tjap Kutjing


















KATEGORISASI :
* Jenis rancangan :
-- Kemasan : Kertas
* Jenis produk :
-- Lainnya : Kertas Cigaret

PRODUK :
* Nama produk : Cigaret Papier Tjap Kutjing

LEGALITAS :
* No. Daftar legal : 261722

VISUAL :
* Dimensi (milimeter)
-- Lebar :60
-- Panjang/tinggi : 80

* Warna :
-- Spot :
1. Biru
2. Orange

* Teknik produksi : cetak offset

* Material : Kertas (Plain Papper)

* Visual yang tampak :
1. Gambar kucing yang memakai tuxedo
2. Ornamen border
3. Background bermotif kucing

* Tipe huruf : Century Gothic

KONTEKS :

* Budaya yang mempengaruhi :
1. Eropa / Barat terlihat dari kucing yang memakai tuxedo
2. China terlihat dari kucing karena dianggap mendatangkan keuntungan

COMMENT :

Cigaret Papier Tjap Kutjing ini ditemukan di Stasiun Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah, sepuluh tahun silam. Saat itu penemunya sedang traveling dan sedang foto –foto (BW) di atas kereta rakyat (Solo-Semarang) yang berbangku kayu selama enam jam. (menyusuri hutan jati, bersama para pedagang antardesa-antarkecamatan).


Visual yang tampak pada produk ini ialah kucing yang berbadan seperti manusia. Dan ternyata kucing tersebut ialah salah satu tokoh dongeng. Dia kucing yang pintar akting, sehingga semua orang seperti tersihir, percaya kepada bualannya. Pengusaha yang kagum sama tokoh dongeng kucing bersepatu itu alah Joe Kamdani

, pendiri PT Datascrip. Joe Kamdani sangat terkesan dengan kepercayaan diri si kucing dalam berhubungan dengan orang-orang besar. Ketika memulai bisnis dia bingung, tak tahu table manner. tetapi setelah sukses, dia tak malu untuk mengungkapkan kisah lucu dan suramnya di masa lalu.


Warna yang digunakan ialah hitam, biru, putih dan oranye. Warna hitam menunjukkan berwibawa dan berbobot. Warna biru memberi kesan sepi, dingin (seperti yang dirasakan oleh susahnya hidup si tokoh dongeng tersebut). Warna putih memberi kesan bersih dan murni. Warna oranye memberi kesan maju dan berkembang (seperti usaha yang dilakukan oleh si tokoh dongeng tersebut sampai menjadi sukses).
Jenis huruf yang digunakan sans serif dan script.


Bagi sebagian orang Jawa, “sigaret” tak berarti rokok melainkan “kertas untuk melinting rokok”.
Gambar Kucing pada kemasan Cigaret Papier Tjap Kutjing terpengaruh oleh berbagai budaya. Salah satunya adalah Mesir kuno. Orang Mesir kuno menganggap kucing sebagai penjelmaan dewi Bast, juga dikenal sebagai Bastet atau Thet. Hukuman untuk membunuh kucing adalah mati, dan jika ada kucing yang mati kadang dimumikan seperti halnya manusia.

Selain budaya Mesir kuno dan budaya Eropa yang mempengaruhi pembuatan kemasan ini, terdapat pula unsur budaya Tiong Hoa. Yaitu meletakkan patung kucing (posisi berdiri dengan tangan kanan terangkat ke atas) di luar rumah dan lukisan-lukisan kucing di dalam rumah merupakan suatu cara yang dikatakan dapat menghindari kemiskinan. Selain itu, dianggap sebuah kesialan jika melihat kucing hitam melintas, karena kucing hitam merupakan kawan sejawat penyihir jahat.

Sedangkan di Inggris, berkembang sebuah kebiasaan menempatkan kucing di bagian depan bawah ambang pintu (adat Inggris kuno). Menempatkan kucing atau lebih tepatnya mengubur di depan rumah yang baru dibangun dianggap akan membawa keberuntungan. Selain itu berkembang kepercayaan kuno bahwa kucing yang lahir pada bulan Mei dianggap akan membawa ‘ular’ ke dalam rumah.


Pada kemasan terlihat pula kucing tersebut mengenakan tuksedo. Tuksedo sendiri adalah pakaian pria atau lebih tepatnya jas panjang yang dipadukan dengan dasi kupu-kupu hitam. Pakaian ini merupakan budaya Eropa atau lebih tepatnya budaya Inggris. Selain itu ada istilah di Amerika Serikat dan Kanada yang mungkin berkaitan dengan gambar kucing bertuksedo pada kemasan Cigaret Papier Tjap Kutjing. Di Amerika Serikat dan Kanada berkembang istilah ‘tuxedo cat’ yaitu kucing yang mengenakan dasi hitam dan berpakaian formal.


Secara keseluruhan, kemasan terlihat kurang menarik karena hanya melayout gambar kucing di tengah kemasan dan warna yang digunakan juga hanya warna biru dan jingga. Materi kemasan juga sderhana yaitu hanya kertas HVS biasa.

Tidak ada komentar: