Senin, 27 Agustus 2007

Sagu Mutiara Cap Kuda Zebra





















KATEGORISASI :
* Jenis Rancangan :
--Kemasan : Kertas
*Jenis Produk :
--Pangan : Sagu

PRODUK :
* Nama Produk : Sagu Mutiara Cap Kuda Zebra
* Nama Produsen : Persh, Sagu Mutiara "OHL"
* Alamat Produk : Semarang, Jawa Tengah

LEGALITAS :
* No. Daftar Legal : Depkes.No.M.P.9880801

VISUAL :
* Dimensi (milimeter)
-- Lebar : 62
-- Panjang/tinggi : 84

* Warna :
-- Spot :
a. Biru
b. Merah

* Teknik Produksi : Cetak Offset

* Material : Kertas (HVS)

* Visual yang tampak :
1. Kuda Zebra
2. Awan-awan

* Tipe huruf : 1. Serif
2. San serif

KONTEKS :
* Budaya yang mempengaruhi : Cina terlihat dari ornamen

COMMENT :
Sagu adalah butiran atau tepung yang diperoleh dari teras batang pohon sagu atau rumbia. Sagu dapat dimakan dalam bentuk papeda, semacam bubur. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mi dan mutiara.

Nah, sagu Mutiara itu sendiri merupakan produk dari tepung sagu yang dibentuk menjadi butiran2 kecil, yang biasa dipakai untuk bubur dan pelengkap aneka minuman.

Menurut kami, layout dari design sagu mutiara ini menggambarkan tentang konsep kebebasan dan kesegaran yang diilustrasikan dalam bentuk icon kuda zebra, awan-awan dan juga penggunaan dari warna biru. Hal itu sesuai dengan betapa banyaknya variasi mekanan yang bisa dibuat oleh sagu mutiara ini.

Kuda Zebra yang sedang berlari dipakai sebagai ilustrasi yang mewakili sagu mutiara ini karena Zebra merupakan hewan unik, belang-belang pada tubuh zebra dapat membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator. Belang zebra dapat membingungkan predator. Para ilmuwan berpendapat bahwa belang pada zebra terjadi karena evolusi, baik variasi maupun seleksi alam.(menurut wikipedia) karena itu untuk membedakan sagu mutiara ini dari sagu mutiara lainnya karena keunikkannya (seperti kuda zebra) maka penggunaan icon zebra sangat cocok, selain itu kuda juga dikenal sebagai hewan yang kuat dengan maksud hidden agar perusahaan ini tetap kuat bertahan seperti halnya kuda. Penggunaan warna biru dan merah merupakan percampuran budaya barat seperti terinspirasi revolusi industri. Berikut ini beberapa persamaan dengan poster gaya barat.

Tidak ada komentar: